5 Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Fashion

By Gumilar_WU 20 Okt 2020, 10:43:27 WIB TIPS/TRIK WIRAUSAHA
5 Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Fashion

WartaUsaha.com – Jakarta. Usaha fashion adalah salah satu bentuk usaha yang paling banyak diminati, mau itu penjual ataupun pembeli. Seperti yang kita ketahui, sandang merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak akan pernah lepas dari manusia. Hal ini membuat usaha fashion sangat diminati, khususnya di hari-hari besar seperti tahun baru dan lebaran. Faktor-faktor inilah yang membuat usaha fashion tidak ada matinya.

Meski demikian, usaha fashion tidak dapat semena-mena seperti gelar tikar dan baju begitu saja. Jika ingin sukses berbisnis di bidang ini, Anda tentunya harus membuat banyak persiapan sebelum memulai.

Berikut ini adalah langkah langkah penting sebelum memulai usaha fashion versi WartaUsaha.com

Baca Lainnya :

1.      Lakukan survey

Pertama, Anda bisa melakukan survey. Survey ini bertujuan untuk mengetahui pangsa pasar apa yang ingin  ditargetkan. Apakah ibu-ibu, orang yang menyukai gamis, atau fashion anak muda? Semua itu dapat Anda ketahui melalui survey.

Survey juga dapat dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing. Dengan itu, Anda dapat mengetahui apa kelebihan pesaing dan menjadikan itu juga sebagai kekuatan Anda. Juga Anda dapat mempelajari kekurangan pesaing dan berusaha menghindarinya.

2.      Pemberian nama atau brand

Pemberian nama atau brand adalah hal yang penting. Dengan adanya brand pribadi, Anda akan memudahkan orang untuk mengetahui apa yang Anda jual. Brand juga memengaruhi bagaimana orang menilai produk Anda.

Saat Anda memberikan sesuatu barang yang berkualitas, yang orang ingat adalah nama produk Anda, dan itulah yang harus Anda incar. Jika brand Anda sudah menguasai pangsa pasar, maka akan mudah bagi Anda menemukan konsumen bahkan langganan.

3.      Design produk

Design produk juga menjadi salah satu instrument penting dalam memulai usaha fashion. Mau memulai membuat design sendiri atau mengambil produk orang lain, design menjadi faktor penting karena dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.

Disaat Anda ingin mengambil pasar remaja hits, design apa yang kiranya dibutuhkan. Jika pasarnya adalah remaja-remaja muslimah, tentunya design gamis yang lucu dan bervariatif menjadi hal yang perlu Anda berikan.

Dengan memahami pasar dan memberikan design produk yang menarik minat pasar, tentunya akan memudahkan Anda dalam menarik perhatian konsumen.

 

 

4.      Membuka di toko offline maupun online

Di dunia yang serba digital seperti sekarang ini, membuka hanya sekadar toko offline tentu tidaklah cukup. Anda perlu bermain di dunia maya untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Jika pasar offline Anda dapat menjangkau orang-orang di lingkungan, daerah, atau kota Anda, maka dengan adanya toko online jelas akan membantu Anda menjangkau orang di luar provinsi, pulau, bahkan negara.

Oleh karena itu, membuka toko secara online tentunya akan sangat membantu untuk menjangkau lebih banyak orang yang mungkin menjadi pelanggan Anda.

5.      Pemasaran dan promosi

Pemasaran adalah satu hal penting yang perlu Anda lakukan dan perhatikan. Bagaimana Anda mulai mengiklankan produk? Apakah pemasarannya melewati media online atau menyebarkan selebaran ke jalan?

Lalu promosi apa yang kita tawarkan. Beli dua gratis satu? Beli banyak diskon 20%? Hal-hal demikian pulalah yang dapat membantu menarik minat konsumen, terhadap produk yang Anda tawarkan.

Begitulah 5 hal penting yang perlu Anda persiapkan saat ingin memulai usaha fashion. Dengan memperhatikan ke lima hal tersebut, tentunya akan membantu Anda mengembangkan usaha fashion Anda menjadi lebih baik. (WU. Han-Berbagai sumber)  Foto by merahputih.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment