Berwirausaha di Masa Pandemi

By Gumilar_WU 16 Okt 2020, 15:33:50 WIB TIPS/TRIK WIRAUSAHA


 

WartaUsaha.com, Jakarta- Banyaknya PHK akibat pandemic Covid-19 menjadi sesuatu yang sangat memprihatinkan. Namun, itu bukanlah akhir dari segalanya. Terlihat semangat orang-orang yang berniat mencari nafkah berpindah profesi menjadi wirausaha.

Apa itu wirausaha? Wirausaha adalah orang yang melakukan usaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. 

Baca Lainnya :

Menjadi wirausaha artinya kita telah mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia. Bisa jadi karena kita menjadi bos untuk diri kita sendiri, atau merekrut orang lain.

Akibat pandemi, pengangguran di Indonesia diprediksi meningkat 3,5 juta orang, 70% pendapatan rumah tangga masyarakat menurun. Supir, ojek, dan beberapa pedagang lain mengalami penurunan pendapatan secara signifikan selama pandemi.

Namun perlu diketahui, jika ada satu pilihan lain yang dapat dipilih dibanding menjadi seorang pengangguran di masa pandemi, ialah menjadi seorang pengusaha. Di dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana tips memulai wirausaha di tengah pandemi.

1.  Usaha Bisa Dimulai dari Hobi/Passion

 

Punya hobi membuat kue, kreasi seni, dan hobi kreatif lainnya bisa menjadi salah satu peluang ide bisnis. Misal senang membuat kue bisa di eksplore membuka usaha rumah kue. Hobi di bidang seni bisa di eksplore menjadi usaha di kesenian. Dengan adanya eksplorasi dan memanfaatkan peluang yang ada, hobi yang selama ini kita punya akan membukakan peluang baru untuk kita memulai berwirausaha.

 

2.  Memanfaatkan Teknologi Digital

Terjun ke dunia digital menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berwirausaha. Seseorang bisa memulainya dari marketplace atau sosial media.

Banyak orang menganggap teknologi itu ribet dan mahal. Padahal, di zaman sekarang teknologi menjadi komponen penting dalam mengembangkan wirausaha. Dengan teknologi yang semakin canggih, kita dapat membuat bisnis kita cepat berkembang. Karena melalui teknologi digital jangkauan pemasaran kita semakin luas.

Memanfaatkannya pun bisa dimulai dari perangkat yang kita miliki, seperti handphone. Kita dapat mempelajari fitur-fitur yang ada di handphone, kemudian manfaatkan sosial media yang kita miliki untuk melakukan pemasaran.

 

3.  Bergaul dengan Sesama Wirausaha Lain 

Di tengah pandemi saat ini, abaikan segala ketakutan akan persaingan dengan pelaku bisnis lain. Justru sesama pelaku usaha seharusnya saling dukung dan menguatkan agar ekonomi kita semakin membaik. Misalnya dengan membuat group whatsapp atau komunitas sesama pelaku usaha, serta membantu saling memasarkan atau menjadi reseller wirausaha lain.

Orang-orang sukses adalah pembelajar yang baik. Belajar bisa di manapun dan kapanpun dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Apa yang akan kita lakukan harus dimulai dari proses untuk mewujudkannya. Impian akan menjadi impian jika tidak bergerak untuk merealisasikannya.

Yang terpenting dalam berwirausaha adalah kita harus percaya pada diri sendiri bahwa kita bisa dan memiliki kemampuan dalam menjalankan usaha. Tetap berusaha dan belajar menjadi lebih baik ke depannya sehingga kita bisa mengembangkan usaha kita. Kuncinya harus membangun percaya diri terus-menerus dan buat target-target kecil yang dapat kita capai  kedepannya. (Han-berbagai sumber)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment