TASMIN ASIA, Koperasi Berbasis Aplikasi, Gerakan Bersama Entaskan Kemiskinan dan Pengangguran

By Redaksi_WU 10 Apr 2021, 00:47:51 WIB WARTA WIRAUSAHA
TASMIN ASIA, Koperasi Berbasis Aplikasi, Gerakan Bersama Entaskan Kemiskinan dan Pengangguran

WartaUsaha.com – Jakarta. Apa itu Tasmin Asia dan seperti apakah kiprahnya? Tasmin menurut Anggun Widi selaku CEO & Founder TASMIN ASIA GALILEA adalah, gerakan kesadaran bersama yang diinisiasi karena keprihatinan melihat kondisi bangsa Indonesia yang terdampak akibat pandemi Covid -19.

“Kalau secara harfiah Tasmin bermakna entas miskin, tapi secara filosofi Tasmin berarti melayani dengan sepenuh hati, penuh inovasi, serta taat aturan yang berlaku, menuju tatanan masyarakat yang maju dan mapan bersama,” jelasnya.

Seperti filosofi namanya yaitu Entas Miskin (TASMIN) yang berharap bisa menjadi solusi untuk ASIA dan menjadi GALILEA (Danau subur dan indah, penuh ikan dan biota lainnya karena sifat menerima dan memberi, berbeda dengan Laut Mati yang hanya menerima tanpa menyalurkan anugerahnya, sama-sama dari aliran Sungai Yordan).

Baca Lainnya :


    Secara legal Tasmin berbentuk Koperasi, namun menurut Widi berbeda dengan Koperasi pada umumnya. Karena untuk memberikan sisa hasil usaha (SHU) Tasmin tidak mengelola dana dari anggota. “Jadi kami tidak perlu mengumpulkan dana anggota untuk memulai usaha yang di kelola Tasmin. Justru kami mau berbagi dengan menyisihkan budget dari bisnis, usaha, dan produk yang kami punya untuk kita bagikan ke khalayak ramai setiap akhir tahun, dalam bentuk SHU dengan syarat menjadi anggota Tasmin,” ungkapnya.

    Bukan hanya SHU saja yang diberikan untuk para anggotanya, melainkan hak keagenan multi ekspedisi, multipayment, usaha tour travel, pelatihan terutama di dunia digital, dan lainnya, sehingga sehingga menurut Widi, para anggota Tasmin bisa memulai usaha atau menambah income dari skill yang dimiliki.

    “Seperti yang kita pahami bersama, usaha yang masih tetap eksis di masa pandemi adalah bisnis logistik. Jika di luaran sana harus berbayar mahal, di Tasmin kita kasih gratis dalam bentuk Aplikasi yang fungsinya bukan hanya Bisnis Multi Ekspedisi tapi bisa juga untuk Multipayment, PPOB dan Tour Travel. Selain itu aplikasi itu juga berfungsi sebagai Virtual Akun untuk menyimpan Simpanan Wajib para anggota, sehingga Koperasi sama sekali tidak mengelola dana anggota, makanya di sebut juga Koperasi Berbasis Aplikasi," ujarnya.


    Melalui keanggotaan member Tasmin, ada beberapa benefit yang didapat para anggota, diantaranya; langsung punya usaha untuk sumber Income (mengurangi pengangguran), memberikan pelatihan (Coaching & Mentoring) serta melalui mekanisme subsidi silang dengan para anggota agar dapat SHU di tiap akhir pembukuan Tasmin. “Plus Kita kasih hiburan untuk menghilangkan kesedihan dan stres karena pandemi setahun ini dengan nonton, gala dinner serta meet and greet bersama artis Stinky Band,” jelasnya.

    Dengan sejumlah keuntungan usaha dan benefit lainnya, pastikan Anda ambil bagian untuk menjadi member dari program Tasmin ini. Sambil dihibur Stinky band yang lebih progresif.

    Program Tasmin ini di dukung penuh oleh ; KADIN INDONESIA, Dewan Rempah Indonesia, UMKM Naik Kelas, Klub Pengusaha, Pengusaha Wisata, Pengusaha Mart, Pengusaha Logistik, PT NEO ASIA ANUGERAH, PT PENGUSAHA INDONESIA MANDIRI, Komunitas Para Digital Marketer, Yayasan Yatim Piatu Dulur Salembur, dan lain-lain.

    “Mudah-mudahan dengan tersosialisasinya program Tasmin bisa menjadi solusi untuk khalayak ramai dengan point utama: Pertama, langsung jadi wirausaha dengan keagenan multi ekspedisi dan lain-lain yang kita berikan. Kedua, makin sehat dan tingkatkan sistem imun dengan nutrisi yang kita berikan melalui produk kesehatan. Ketiga, para anggota bisa belajar dan upgrade ilmu dengan coaching & mentoring yang kita adakan terutama ilmu digital agar mampu bersaing di era kini. Keempat, terhibur dan melupakan sejenak penat selama setahun ini, agar makin semangat hadapi hidup dan kehidupan. Dan kelima, harapan SHU yang kita optimalkan perolehannya,” paparnya.

    Melalui sosialisasi program ini, Widi berharap Tasmin dapat menjadi titik balik dan semangat kebangkitan bersama untuk membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan kemiskinan. (adv).

    *(red.wu)




    Write a Facebook Comment

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    View all comments

    Write a comment